UNIT INPUT
>>> Unit pembaca data sebagai penerima informasi terkodekan.
contoh :
- Keyboard : Tombol huruf / digit yang ditekan otomatis di translasikan menjadi kode binner dan di transmisikan ke memory / ke prsesor.
- Joistick, trackball, mouse, mikropon, kamera, dll.
UNIT MEMORI
>>> Berfungsi menyimpan program dan data.
1. Penyimpanan primer : memori cepat, ber-operasi pada kecepatan elektronik.
> Berisi sejumlah besar sel penyimpan semikonduktor, tiap sel satu bit informasi.
> Satu word = n bit, dapat disimpan / diambil
> Sel individual, diolah dalam ukuran tetap (WORD)
> Panjang 1 word = 16 s/d 64 bit
> Pengolahan data dalam mesin dengan orde Unit Word, Kelipatan Word atau Pembagian Word.
- RAM (Random Access Memory) : tiap lokasi memory dapat diakses dalam waktu cepat dan tertentu setelah ditetapkan alamatnya.
> Memory Access Time : waktu akses satu word, tetap, tidak tergantung pada lokasi word, dalam nanosecon s/d 100 ns.
> RAM kecil dan cepat disebut CACHE, terangkai erat dengan unit prosesor.
- ROM (Read Only Memory) : penyimpan program sistem.
2. Penyimpanan Skunder : penyimpanan berukuran besar untuk Data dan Program, terutama informasi yang jarang diakses.
contoh : Disk Magnetik dan Tape Magnetik, Disk Optikal (CD-ROM).
UNIT ARITMATIKA dan LOGIKA (ALU)
>>> Tempat untuk mengeksekusi data dan informasi.
- Berfungsi untuk operasi Perkalian, Pembagian atau Perbandingan Bilangan.
- Operand yang diperlukan dibawa ke prosesor.
- Operand disimpan ke elemen penyimpanan berkecepatan tinggi disebut REGISTER.
- Satu register dapat menyimpan satu word data.
UNIT OUTPUT
>>> Berfungsi mengirim hasil yang telah diproses ke dunia luar.
contoh : Printer, Display Grafik, dll.
UNIT CONTROL
>>> Berfungsi mengkoordiner unit Memory, ALU dan I/O.
- Merupakan pusat syaraf yang mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut.
- Sinyal Kontrol = sinyal Timing, sinyal yang menentukan kapan suatu aksi tertentu dilakukan.
0 comments:
Post a Comment