Taufiqurrohman
0955201053

 

 

 

  

 

Tolong dibaca yo buat tmen2 cz ni ilmu lo...

Casing & Power Supply

 

Casing

Casing dan power supply disebut juga unit sistem. Casing adalah sebuah kotak yang mewadahi chip prosesor (CPU), chip memori, dan motherboard serta dilengkapi dengan power supply. Kadang-kadang casing juga berisi alat penyimpan sekunder. Casing terdapat pada komputer model desktop atau tower. Casing berisi power supply dan kipas untuk mencegah panah berlebih.
Power Supply
Arus listrik yang diperoleh dari stop kontak rumah adalah arus bolak-balik (AC, alternating current), sedangkan listrik yang dibutuhkan mikrokomputer adalah arus searah (DC, direct current) untuk itu dibutuhkan power supply. Power supply digunakan  sebagai alat untuk mengubah arus AC ke DC agar komputer bisa bekerja. Jadi, sebenarnya switch on/off yang ada di komputer dipakai untuk menghidupkan atau mematikan arus listrik di power supply. Oleh karena arus listrik dapat menimbulkan panas, maka dibutuhkan kipas yang terpasang di komputer yang berguna untuk menjaga power supply dan komponen-komponen komputer lain agar tidak terlalu panas.   Arus listrik dari stop kontak AC biasanya tidak stabil. Misalnya, tiba-tiba arus listrik naik sehingga sirkuit DC komputer dapat terbakar. Oleh karena itu, lebih baik komputer dihubungkan terlebih dahulu ke alat proteksi daripada mencolokkan langsung ke stop kontak. Terdapat tiga macam alat proteksi yaitu sekring, pengatur tegangan, dan UPS.
  • Sekring, adalah alat yang berguna untuk melindungi komputer dari kerusakan oleh tegangan yang terlalu tinggi. Komputer dihubungkan dengan sekring, dan sekring inilah yang dicolokkan ke stop kontak listrik di dinding.
  • Pengatur Tegangan atau biasa disebut dengan stabilizer, adalah alat pelindung komputer dari kekurangan daya. Keadaan ini biasa terjadi ketika banyak alat berdaya listrik besar dihidupkan bersama-sama sehingga lampu rumah pun agak meredup. Bisa juga terjadi pada hari-hari yang cukup panas ketika PLN harus menurunkan daya karena terlalu banyak AC (air conditioner) yang dihidupkan secara bersamaan.
  • UPS atau uninterruptible power supply adalah alat berdaya baterai yang mampu menyediakan arus listrik bagi komputer saat listrik mati. UPS bisa mencukupi listrik selama 5-30 menit atau lebih. Komputer tetap akan bisa hidup meskipun listrik mati mendadak.
Kapasitas power supply dinyatakan dalam satuan joule, yuitu nama seorang fisikawan Inggris pada abad ke-19. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus pula proteksi dari power supply. (Seratus joule dapat menyimpan listrik 100 watt dalam satu detik).

1 comments:

Minarto Boy said...

tulisan sudah lumayan..kita tunggu postingan berikutnya....

Post a Comment

Comments

Followers