Evolusi model Komputer PC Jadul Hingga Masa Depan

Evolusi model Komputer PC Jadul Hingga Masa Depan
Hosnan / 0955201022


Sebuah tulisan tentang evolusi model komputer jadul hingga masa depan serta sedikit penjelasannnya. Artinya model komputer yang dikupas kali ini lebih mengarah kepada arsitektur fisik komputer namun tetap menjelaskan struktur teknologi internal dari sebuah model komputer itu sendiri secara sederhana. Semoga bermanfaat.


• Awal mula alat komputasi muncul sekitar 5000 tahun lalu dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini yaitu abacus. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
• Setelah hampir 12 abad, Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
• Berikutnya seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage menciptakan sebuah mesin yang dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis
• masih dengan mesin ciptaan Charles Babbage berikutnya yang disebut Analytical Engine dan dibantu Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.Pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.
• Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu yg dperkirakan membutuhkan waktu 1o tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus tersebut.
• ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. Komputer ini beratnya 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. ENIAC selesai pada tahun 1946 sejak proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer elektronik. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Komputer ini tidak bisa menyimpan data.
• UNIVAC (Universal Automatic Computer) adalah komputer komersial pertama yang diproduksi oleh perusahaan Eckert-Mauchly Computer Corporation pada tahun 1947.kemudian muncul UNIVAC II yang memiliki kapasitas memori lebih besar dan kinerja yang lebih baik diluncurkan tahun 1950
• Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 buah perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.
• Muncul teknologi semi konduktor yang menggantikan tabung vakum dengan komponen transistor. Dengan teknologi ini Tahun 1957 DEC (Digital Equipment Corporation) meluncurkan PDP 1 dan perusahaan IBM juga meluncurkan seri 7000 diantaranya seri 7080, 7090,7094 (tahun 1962).
• Ditemukannya integrated circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen – komponen elektronika dalam suatu paket. Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori makin besar dan bentuknya semakin kecil. Tahun 1964 dikeluarkan IBM System/360 yang telah menggunakan teknologi IC dan juga DEC meluncurkan DEC PDP-8.
• Selanjutnya perkembangan generasi komputer ditandai dengan adanya VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung 10.000 komponen lebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100 juta operasi per detiknya. diawali peluncuran mikroprosesor Intel seri 4004.
• Tahun 1972 diperkenalkan dengan mikroprosesor 8008 yang merupakan mikroprosesor 8 bit. Mikroprosesor ini lebih kompleks instruksinya tetapi lebih cepat prosesnya dari pendahulunya. contohnya adalah komputer apple I yg diluncurkan tahun 1975
• Kemudian Bells dan HP menciptakan mikroprosesor 32 bit pada 1981, sedangkan Intel baru mengeluarkan tahun 1985 dengan mikroprosesor 80386. pada tahun ini ditandai juga dipublikasikannya sistem operasi MS-DOS 1 yang membutuhkan tempat 160kbyte oleh microsoft dan IBM membuat PC pertama.
• pada tahun 1990 an teknologi semikonduktor komputer sudah menggunakan pengembangan chip yg disebut adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini dikembangkan sebuah komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.
• Seiring dengan perkembangan teknologi dibidang computer saat ini, kita dapat memilih PC dengan model yang macam-macam untuk kebutuhan yang bisa disesuaikan. Misalnya PC untuk nge game, atau sekedar menulis, atau untuk desain grafis dan editing video, dan lain-lain. Mulai dari PC model desktop, laptop, notebook,PDA (Personal Digital Assistant),UMPC, (pengembangan laptop/notebook), PC Tablet dan lain sebagainya.
• Selain itu ada lagi yang dinamakan super komputer hanya ada dibeberapa negara tertentu. Super komputer ini milik IBM yang berada di Amerika di claim memecahkan rekorsebagai super komputer tercepat di dunia. Super komputer pertama adalah BlueGene/L kemudian Super komputer berikutnyadiberi nama Roadrunner. dan IBM telah membuat super komputer mereka yang terbaru. Namanya Sequoia.
• Bagaimana dengan model komputer masa depan ? beberapa konsep PC masa depan telah dirancang saat ini dan segera dirilis ke pasaran. Diantaranya Model PC masa depan yang berbentuk Bollpoint, ukurannya yang minimalis dan super tipis,dan teknologi hologram. beberapa contoh model komputernya yaitu Sony Vaio Zoom, Bridge PC, Compenion Netbook. OLPC XO 3.0, dan lain sebgainya.

Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Terima kasih.

1 comments:

Minarto Boy said...

tulisan ini pasti harus disambung untuk ...komputer/PC dimasa depan ...kita tunggu

Post a Comment

Comments

Followers