Keberhasilan PC

Rinda dewi hartatik
0955201046




 

 

 
Keberhasilan PC

Komputer pribadi muncul tahun 1981. Kurang dari 20 tahun, PC telah mengubah total cara kita berkomunikasi. Ketika PC pertama kali diperkenalkan oleh IBM, hanya merupakan salah satu dari pelbagai pengolah data yang kecil. Tetapi dalam waktu 5-7 tahun, telah merebut/menguasai/memenangkan pasar. Dari sinilah IBM compatible PC/IBM PC kompatibel menjadi standar.
Pada awalnya PC dapat dikenali dari beberapa keunggulannya. Hal ini membuat PC menjadi sukses.
1. Komputer pribadi pada awalnya telah distandarisasi dan arsitekturnya terbuka.
2. Mempunyai dokumentasi yang baik dan mempunyai kemampuan yang besar untuk dikembangkan.
3. Tidak mahal, sederhana, dan meyakinkan.
Komputer pribadi memulai perkembangannya sebagai bayi IBM. Perusahaan IBM mendesain PC, menggunakan prosesor Intel 8088 dan sistem operasi sederhana MS-DOS Microsoft.
Karena desainnya didokumentasikan secara baik, perusahaan-perusahaan lain masuk ke pasar ini. Mereka dapat membuat tiruan yang berfungsi sama (clone/kloning). Perlahan-lahan, banyak perusahaan mengembangkan dan medesain PC yang kompatibel dengan IBM.
Sebuah kloning merupakan mesin tiruan, yang dapat melakukan secara tepat seperti aslinya (Big Blue - IBM). Beberapa perangkat (contohnya hard disk) mungkin identik dengan aslinya. Tetapi, para Kloning mempunyai nama lain (Compaq, Olivetti, dll.), atau mereka tidak mempunyai nama sama sekali. Dari sini muncul masalah kloning sejati. Saat ini, dapat dibedakan:
4. Nama merk, PC dari IBM, Compaq, AST, dll. Perusahaan-perusahaan ini cukup besar, sehingga mereka mengembangkan komponen hardware/perangkat keras sendiri.
5. Kloning, yang membuat PC dari komponen-komponen standar. Setiap orang dapat melakukannya.
Komponen-komponen Pembentuk PC
1. CPU (Central Processing Unit) atau Processor
2. Motherboard
3. Memory
4. Casing dan Power Supply
5. Keyboard dan Mouse
6. Expansion Card 

 Maju terus pendidikan Indonesia.........!!!

2 comments:

Kuliah Organisasi Komputer said...

wah bgus jga tu mang penumu PC cpa ?

Minarto Boy said...

wah...tulisan yang bagus...tapi pada tulisan yang akan datang perlu juga dijelaskan tersendiri tentang CPU, Motherboard,Memory dll...

Post a Comment

Comments

Followers