Harlita Victura_1155201038

1. SISTEM BUS DAN DMA

Pengertian BUS :
  • Sistem bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya.
  • Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur dimana data dapat mengalir dalam komputer.
  • Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih.
  • Data ataupun program yang tersimpan dalam memory dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.
  • Dengan kata lain jalur komunikasi yang menghubungkan beberapa device.
Pengertian DMA :
DMA adalah sebuah processor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O (PIO)

Transfer DMA :
 Untuk memulai sebuah transfer DMA, host akan menulis sebuah DMA command block yang berisi pointer yang menunjuk ke sumber transfer, pointer yang menunjuk ke tujuan/destinasi transfer, dan jumlah byte yang di transfer ke memory. CPU kemudian menuliskan alamat command block ini ke DMA controller, sehingga DMA controller dapat kemudian mengoperasikan bus memory secara langsung dengan menempatkan alamat-alamat pada bus tersebut untuk melakukan transfer tanpa bantuan CPU.

Tiga langkah dalam transfer DMA :
  • Processor menyiapkan DMA transfer dengan menyediakan data-data dari device, operasi yang akan ditampilkan, alamat memory yang menjadi sumber dan tujuan data, serta banyaknya byte yang ditransfer.
  • DMA controller memulai operasi (menyiapkan bus, menyediakan alamat, menulis dan membaca data), sampai seluruh blok sudah ditransfer.
  • DMA controller menginterrupsi processor, dimana selanjutnya akan ditentukan tindakan berikutnya.

 2. PERANCANGAN KINERJA BUS SISTEM 
  • Konsep Program
    • Pemrograman (hardware) merupakan proses penghu-bungan berbagai komponen logik pada konfigurasi yang diinginkan untuk membentuk operasi aritmatik dan logik pada data tertentu
    • Hardwired program tidak flexibel
    • General purpose hardware dapat mengerjakan berbagai macam tugas tergantung sinyal kendali yang diberikan
    • Daripada melakukan re-wiring, Lebih baik menambah-kan sinyal-sinyal kendali yang baru

  • Program ?
    • Adalah suatu deretan langkah-langkah
    • Pada setiap langkah, dikerjakan suatu operasi arithmetic atau logical
    • Pada setiap operasi, diperlukan sejumlah sinyal kendali tertentu

  • Fungsi Control Unit
    • Untuk setiap operasi disediakan kode yang unik
      • Contoh: ADD, MOVE
    • Bagian hardware tertentu menerima kode tersebut kemudian menghasilkan sinyal-sinyal kendali
    • Jadilah komputer!

  • Komponen yang diperlukan
    • Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU) membentuk Central Processing Unit (CPU)
    • Data dan instruksi harus diberikan ke sistem dan dikeluarkan dari sistem
      • Input/output
    • Diperlukan tempat untuk menyimpan sementara kode instruksi dan hasil operasi.
      • Main memory

  • Komponen Komputer: Top Level View



  • Siklus Instruksi


  • Fetch Cycle
    • Program Counter (PC) berisi address instruksi berikutnya yang akan diambil
    • Processor mengambil instruksi dari memory pada lokasi yang ditunjuk oleh PC
    • Naikkan PC
      • Kecuali ada perintah tertentu
    • Instruksi dimasukkan ke Instruction Register (IR)
    • Processor meng-interpret dan melakukan tindakan yang diperlukan

  • Execute Cycle
    • Processor-memory
      • Transfer data antara CPU dengan main memory
    • Processor I/O
      • Transfer data antara CPU dengan I/O module
    • Data processing
      • Operasi arithmetic dan logical pada data tertentu
    • Control
      • Mengubah urutan operasi
      • Contoh: jump
    • Kombinasi diatas

  • Contoh Eksekusi Program



  • Diagram Keadaan Siklus Instruksi


  • Interrupt
    • Suatu mekanisme yang disediakan bagi modul-modul lain (mis. I/O) untuk dapat meng-interupsi operasi normal CPU
    • Program
      • Misal: overflow, division by zero
    • Timer
      • Dihasilkan oleh internal processor timer
      • Digunakan dalam pre-emptive multi-tasking
    • I/O
      • dari I/O controller
    • Hardware failure
      • Misal: memory parity error

  • Program Flow Control



  • Sambungan
    • Semua unit harus tersambung
    • Unit yang beda memiliki sambungan yang beda
      • Memory
      • Input/Output
      • CPU

  • Sambungan Memori
    • Menerima dan mengirim data
    • Menerima addresses
    • Menerima sinyal kendali
      • Read
      • Write
      • Timing

  • Sambungan Input/Output
    • Serupa dengan sambungan memori
    • Output
      • Menerima data dari computer
      • Mengirimkan data ke peripheral
    • Input
      • Menerima data dari peripheral
      • Mengirimkan data ke computer
    • Menerima sinyal kendali dari computer
    • Mengirimkan sinyal kendali ke peripherals
      • Contoh: spin disk
    • Menerima address dari computer
      • Contoh: nomor port
    • Mengirimkan sinyal interrupt

  • CPU Connection
    • Membaca instruksi dan data
    • Menuliskan data (setelah diproses)
    • Mengirimkan sinyal kendali ke unit-unit lain
    • Menerima (& menanggapi) interrupt

  • Bus
    • Ada beberapa kemungkinan interkoneksi sistem
    • Yang biasa dipakai: Single Bus dan multiple BUS
    • PC: Control/Address/Data bus
    • DEC-PDP: Unibus

  • What is a Bus?
    • Jalur komunikasi yang menghubungkan beberapa device
    • Biasanya menggunakan cara broadcast
    • Seringkali dikelompokkan
      • Satu bus berisi sejumlah kanal (jalur)
      • Contoh bus data 32-bit berisi 32 jalur
    • Jalur sumber tegangan biasanya tidak diperlihatkan

  • Data Bus
    • Membawa data
      • Tidak dibedakan antara “data” dan “instruksi”
    • Lebar jalur menentukan performance
      • 8, 16, 32, 64 bit

  • Address bus
    • Menentukan asal atau tujuan dari data
    • Misalkan CPU perlu membaca instruksi (data) dari memori pada lokasi tertentu
    • Lebar jalur menentukan kapasitas memori maksimum dari sistem
      • Contoh 8080 memiliki 16 bit address bus maka ruang memori maksimum adalah 64k

  • Control Bus
    • Informasi kendali dan timing
      • Sinyal read/write memory (MRD/MWR)
      • Interrupt request (IRQ)
      • Clock signals (CK)

  • Skema Interkoneksi Bus


  • Bentuk Fisik Bus
    • Jalur-jalur parallel PCB
    • Ribbon cables
    • Strip connectors pada mother boards
      • contoh PCI
    • Kumpulan kabel

  • Problem pada Single Bus
    • Banyak devices pada bus tunggal menyebabkan:
      • Propagation delays
        • Jalur data yg panjang berarti memerlukan koordinasi pemkaian shg berpengaruh pada performance
        • If aggregate data transfer approaches bus capacity
    • Kebanyakan sistem menggunakan multiple bus

  • Bus Traditional (ISA (menggunakan cache)


  • High Performance Bus


  • Jenis Bus
    • Dedicated
      • Jalur data & address terpisah
    • Multiplexed
      • Jalur bersama
      • Address dan data pada saat yg beda
      • Keuntungan
        • jalur sedikit
      • Kerugian

        • Kendali lebih komplek
        • Mempengaruhi performance

  • Arbitrasi Bus
    • Beberapa modul mengendalikan bus
    • contoh CPU dan DMA controller
    • Setiap saat hanya satu modul yg mengendalikan
    • Arbitrasi bisa secara centralised atau distributed

  • Arbitrasi Centralised
    • Ada satu hardware device yg mengendalikan akses bus
      • Bus Controller
      • Arbitrer
    • Bisa berupa bagian dari CPU atau terpisah

  • Arbitrasi Distributed
    • Setiap module dapat meng-klaim bus
    • Setiap modules memiliki Control logic

  • Timing
    • Koordinasi event pada bus
    • Synchronous
      • Event ditentukan oleh sinyal clock
      • Control Bus termasuk jalur clock
      • Siklus bus ( bus cycle) transmisi 1 ke 0
      • Semua devices dpt membaca jakur clock
      • Biasanya sinkronisasi terjadi pada tepi naik (leading edge)
      • Suatu event biasanya dimualai pada awal siklus


  • Synchronous Timing Diagram


  • Asynchronous Timing Diagram


  • Bus PCI
    • Peripheral Component Interconnection
    • Dikeluarkan oleh Intel sebagai public domain
    • 32 atau 64 bit
    • 50 Jalur

  • Jalur pada Bus PCI (yg harus)
    • Jalur System
      • clock and reset
    • Address & Data
      • 32 jalur multiplex address/data
      • Jalur validasi
    • Interface Control
    • Arbitrasi
      • Not shared
      • Direct connection to PCI bus arbiter
    • Error lines

  • Jalur Bus PCI (Optional)
    • Interrupt lines
      • Not shared
    • Cache support
    • 64-bit Bus Extension
      • Additional 32 lines
      • Time multiplexed
      • 2 lines to enable devices to agree to use 64-bit transfer
    • JTAG/Boundary Scan
      • For testing procedures

  • Command pada PCI
    • Transaksi antara initiator (master) dg target
    • Master pegang kendali bus
    • Master menentukan jenis transaksi
      • Misal I/O read/write
    • Fase Address
    • Fase Data

http://itdeyuri.blogspot.com/2010/06/perancangan-kinerja-bus-sistem.html

0 comments:

Post a Comment

Comments

Followers