Dyah Ayuk_1155201021

PEMASANGAN KABEL FRONT PANEL

Merakit sebuah personal komputer adalah pekerjaan yang mengasikkan bila kita sudah mengetahui langkah dan cara merakitnya... pada praktikum perakitan CPU pertemuan minggu lalu secara garis besar kelompok saya tidak banyak mengalami kesukaran, hanya ada masalah sedikit pada saat pemasangan kabel front pane ( (HDD LED, Power SW, RESET SW, POWER LED).. maka dari itu saya membuat rujukan disini agar sedikit membantu kebingungan kelompok kami dan mungkin dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang lain....

Pemasangan kabel front panel, umumnya terdiri dari 4 macam, yaitu:

  1. Lampu LED Harddisk (HDD LED)
  2. Tombol Power (Power SW)
  3. Tombol Reset (RESET SW)
  4. Lampu LED Power (POWER LED)
Kabel Front Panel
Pemasangan front panel sebaiknya dipandu menggunakan buku manual bawaan dari komputer (CPU) agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerusakan pada motherboard.
Umumnya letak port dari kabel panel berada di pojok bawah (jika CPU berdiri), terdiri dari 10 pin dengan salah satu pin yang terletak di ujung kanan atas kosong atau patah.
Front Panel

Pin yang kosong tersebut adalah pin nomor 10, sedangkan ujung yang berseberangan adalah pin nomor 1. Sehingga lima pin dibawah semua bernomor ganjil, dari kiri ke kanan bernomor 1-3-5-7-9 sedangkan pin-pin pada barisan atas bernomor genap 2-4-6-8-10. Ingat baik-baik nomor ini karena anda tidak akan menemukannya di mainboard. Anda hanya bisa mencarinya di buku manual mainboard.
Berikut saya gambarkan susunan pin yang telah saya beri nomor, ingat pin nomor 10 adalah yang kosong agar anda lebih mudah memahaminya.
Pemasangan kabel pada pin urutannya seperti berikut:
            1 - 3          Ke kabel HDD LED
2 - 4          Ke kabel POWER LED
5 - 7          Ke kabel RESET SW
6 - 8          Ke Kabel POWER SW
Sedangkan pin nomor 9 biarkan kosong. Perhatikan kolom sebelah kiri, Pin 1, 2 dan 6 dihubungkan dengan kabel positif, hanya pin nomor 5 yang dihubungkan dengan kabel negatif. Sebaliknya, pada kolom sebelah kanan hanya pin nomor 7 yang terhubung ke kabel positif sedangkan pin nomor 3, 4 dan 8 terhubung ke kabel negatif. Sangat mudah untuk menghafal, bukan? 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Positif-negatif, positif-negatif ,negatif-positif, dan positif-negatif. Sudah ketahuan jika hanya pin nomor 5-7 yang susunannya terbalik dari yang lain.
Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatif. Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.

Jadi hanya ada 3 pasang kabel yang dipasang di pin Front Panel, karena kabel untuk POWER LED tidak dipasang di mainboard tapi langsung dihubungkan ke power supply.

Nah terakhir,, semoga bisa manfaat.............


http://aranshare.blogspot.com/2012/06/cara-memasang-kabel-front-panel.html

0 comments:

Post a Comment

Comments

Followers