Pengenalan Komputer

Pengertian Komputer
kata komputer berasal dari bahasa latin "computare" yang berarti menghitung.Komputer adalah alat elektrronik yang digunakan untuk mengolah data input dan menghasilkan data output.

Komponen - komponen dari sistem komputer :



Hadware atau perangkat keras adalah peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.

Software atau perangkat lunak adalah program yang berisi intruksi atau perintah untukmelakukan pengolahan data.

Brainware atau pengguna adalah kecerdasan otak manusia sebagai salah satu bagian dari sistem komputer.

Bagian - bagian komputer :

Input Device (alat masukkan) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

Outpu Device (alat keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.

I/O port adalah bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem.

Memory terbagi dua bagian memory internal (RAM) dan memory eksternal (ROM)
CPU (Central Processing Unit) adalah otak sistem komputer ALU (Arhitmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

Jenis - jenis perangkat lunak :

Pengolah data meliputi Notepad, Lotus Ampiro, Microsoft Word.
Pengolah gambar meliputi Paint, Adobe Photoshop, CorelDrow.
Pengolah angka meliputi Lotus 123, Microsoft Exel.

Sistem Operasi adalah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Contoh : Windows, Linux, MacOS, MVS, HP-UX, dll. Windows explorer adalah program utama pada windows untuk pengelolaan. Folder (Directory) adalah dapat dibuat bertingkat, folder di dalam folder, digunakan untuk pengelolaan file. Shortcut adalah untuk mempermudah dan mempercepat pengaksesan suatu file program, file data, maupun folder. Registry adalah tempat penyimpanan konfigurasi dari sistem windows. Control panel adalah pusat pengaturan dari windows di dalam terdapat beberapa shortcut yang dapat digunakan untuk mengkonfigurasi windows.

Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata yang paling populer saat ini fasilitas, kemudahan, tampilan dan hasil yang diperoleh. Section adalah untuk membagi dokumen menjadi beberapa bagian, tiap bagian bisa mempunyai setting/format yang berbeda-beda. Header dan Footer adalah untuk menambahkan informasi pada header dan footer.

Microsoft Exel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, menganalisa, mempresentasikan data, dapat juga digunakan untuk membuat grafik dari kumpulan data yang ada. Fasilitas Autofill adalah untuk mengisi data yang berurutan secara otomatis. Fasilitas Autocalculate adalah untuk menghitung data-data dalam range tertentu. Fasilitas Autosum adalah untuk menjumlahkan data-data dalam range tertentu. Protection adalah untuk memprotect sheet/workbook agar tidak bisa di edit semua ataupun sebagian.

Microsoft Powerpoint adalah program aplikasi presentasi berbasis komputer dengan dukungan fitur yang menarik (grafis). Dengan powerpoint, memudahkan dalam memahami penyampaian. Side panel windows adalah panel windows yang berada di sebelah kanan dari powerpoint berguna untuk menampilkan berbagai macam window pengaturan. Placeholder adalah suatu tempat (frame) pada powerpoint dimana kita bisa menempatkan obyek didalamnya. Notes page adalah untuk mencatat tambahan informasi yang tidak ditampilkan pada presentasi. Slide design adalah untuk mendesain slide-slide pada file presentasi yang kita buat berdasarkan templet yang sudah ada. Animation adalah untuk memilih skema animasi yang telah disediakan oleh powerpoint. Custom animation adalah untuk mengatur animasi dari tiap obyek yang berada pada slide. Slide transition adalah membuat animasi transisi antara slide satu dengan slide lainya.

Oleh : IRVA IYATUL MUALIMAH
NIM : 0955201025

1 comments:

Minarto Boy said...

pada posting selanjutnya kita tunggu tutorial untuk acces, groove,infopath...pokoknya seluruh program office...

Post a Comment

Comments

Followers