ORGANISASI KOMPUTER & KOMPONEN PC

Organisasi Komputer
Dari asal katanya “ to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyatasekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluasfungsinya.
Secara umum masing-masing bagian dapat kita rinci sebagai berikut :

1. Input Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atauperintah ke dalam komputer. Yang termasuk input divice
1. Keyboard
Keyboard atau papan ketik berfungsi untuk memasukkan perintah secara
langsung ke dalam komputer yang berupa karakter, baik angka, huruf maupunkode ASCII. Secara fisik, keyboard terbagi atas 3 bagian, yaitu :
_ Keyboard Serial
_ Keyboard PS/2
_ Keyboard Wireless
Output Device
Output device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau emperoleh
hasil pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
Contoh-contoh output device adalah :
1. Monitor
Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihathasil pengolahan data pada layar, baik berupa karakter, gambar maupun warna.Secara umum, monitor terbagi atas :
- CRT (Cathode Rays Tube)
Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar katoda.Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi namun secara umum hanyaterdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan power supply. Monitortype ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain adalah : Membutuhkandaya yang besar, menghasilkan panas yang cukup tinggi, memiliki bentukfisik yang besar (walaupun ada juga yang memiliki dimensi yang kecil namuntetap tidak praktis karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memilikiradiasi yang besar (walaupun ada beberapa type yang menggunakan jenistabung tertentu yang mampu menyerap radiasi yang dihasilkan olehtembakan CRT). Namun, secara umum monitor ini memiliki harga yang cukuprendah sehingga tetap merupakan peratalan standard dalam unit komputer.


Oleh :Hani'atul Mahmudah
NIM :0955201020

1 comments:

Minarto Boy said...

kita tunggu postingan sejenis...untuk monitor...printer atau yang lain....

Post a Comment

Comments

Followers