YUNITA R_1155201040 (SYSTEM BUS DALAM KOMPUTER)

SYSTEM BUS DALAM KOMPUTER

Bus system merupakan lintasan komunitas yang menghubungkan dua atau lebih komponen-komponen utama komputer. Biasanya sebuah bus ssystem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah.

Bus system dapat dibedakan atas :   
  1.  Data Bus (Saluran Bus)
Adalah saluran data yang memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Umumnya terdiri dari 8,16,32 saluran di beddakan dengan lebar bus data. Lebar bus data merupakan faktor dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Misalnya ,bila bus data lebarnya 8bit dan setiap instruksi panjangnya 16bit maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya

     2.  Addres Bus (Saluran Alamat)
Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan pada bus data dan selain itu di pakai untuk mengalamati port-port input/output. Biasanya bit-bit berorder lebih tinggi di pakai untuk memilih lokasi memori atau port I/O pada modul Misalnya, bila CPU aka membaca sebuah word data dari memori maka CPU akan menaruh alamat word yang di masud pada saluran alamat.


     3.  Control Bus (Saluran Kendali)
Saluran kontrol digunakan untuk mengontrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen,maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. Umunya saluran kontrol meliputi : memory write, memory read, O/I write, I/O readd, transfer ACK, bus request, bus grant, interrupt requesst, interupt ACK, clock, reset



Ada 3 Jenis jenis transfer data seperti berikut ini :
1.CPU Memori
2.CPU I/O
3.I/O Memori (DMA operation)
Selain itu ada 3 jenis Interkoneksi dalam komputer, yaitu :
1.CPU Interconnection
2.Memory Interconnection
3.I/O Interconnection
Arsitektur Bus Sistem dalam sebuah komputer

Kelemahan Bus Sistem
Apabila banyak terdapat perangkat I /O atau sistem memory yang dihubungkan ke BUS Data maka akan dapat menurunkan kinerja dari sistem keseluruhan, hal ini dikarenakan :
a.Timbulnya propagation delay
b.Timbulnya permasalahan Bottleneck
Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah beberapa arsitektur Bus dasar dengan tujuan untuk meningkatkan effisiensi sistem.
Ada 2 Jenis Teknologi Bus Sistem
1.Traditional Bus: ISA-BUS
2.High Speed Bus: PCI-BUS





0 comments:

Post a Comment

Comments

Followers